25 July 2010 ~ 1 Comment

SIM Corner Layanan Terbaru dari Satlantas Surabaya

Imam Wahyudiyanta – detikSurabaya


Surabaya – Anda mau jalan-jalan sambil memperpanjang SIM yang sudah kadaluwarsa? Jika iya, datang saja ke SIM Corner yang ada di Lantai Lower Ground Unit 07 A Tunjungan Plaza 1 Surabaya. Tunggu sekitar 30 menit, SIM baru siap diambil.

“Itu jika antre. Jika tidak, 15 menit saja SIM sudah jadi,” ujar Kanit Reg Ident Satlantas Polwiltabes Surabaya, AKP Pranatal Hutajulu, kepada detiksurabaya.com, usai launching SIM Corner di Atrium Tunjungan Plaza I, Jumat (14/12/2007).

SIM Corner yang merupakan terobosan layanan publik pertama di Indonesia ini hanya khusus melayani perpanjangan SIM saja dan dilakukan setiap hari . Jika ingin membuat SIM baru, warga Surabaya tetap harus melakukannya di Samsat Colombo.

“Karena pemohon SIM baru mesti menjalani tes kendaraan yang tidak mungkin dilakukan di area SIM Corner,” tambah Pranatal.

Sayangnya, SIM Corner hanya bisa melayani perpanjangan SIM bagi warga Surabaya saja. Warga Sidoarjo dan Gresik yang areanya merupakan wilayah Polwiltabes Surabaya hanya bisa gigit jari.

“Untuk perluasan wilayah, akan terus kami evaluasi,” tukas Pranatal.

Pemohon perpanjangan SIM setidaknya harus melalui 6 tahap untuk
mendapatkan SIM baru. Meliputi, tes kesehatan, membayar asuransi (jika diperlukan), membayar voucher bank plus formulir, memasukkan entry data, foto dan ambil SIM.

Biayanya pun fixed, yakni Rp 60 ribu untuk pajak, Rp 10 ribu untuk tes kesehatan dan 15 ribu untuk asuransi. Biaya untuk asuransi sendiri merupakan sebuah penawaran yang bisa diambil pemohon atau tidak.

Di ruangan seluas 5 x 6 yang didominasi warna biru, 16 petugas akan melayani pemohon perpanjangan SIM bak petugas hotel. Dengan 6 meja untuk entry data dan 3 ruang untuk foto diri, pemohon dipastikan tidak akan antre lama. (iwd/fat)

One Response

  1. Lorie Guittennez 23 December 2010 10:29 pm Permalink

    Hey I thought i had seen this site before… This guy made a exact copy of your site. Or possible this is also your site? http://www.autotraffic-avalanche.org


Leave a Reply